Timnas Garuda Harus Manfaatkan Status Tuan Rumah

Tim Nasional Indonesia harus bisa memanfaatkan bertanding di kandang sendiri pada pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016 melawan Thailand, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12) malam WIB. Hal ini menjadi keuntungan sebagai tuan rumah dengan dukungan penuh para suporter Indonesia.
Ketua Komisi X DPR Bidang Olahraga, Teuku Riefky Harsya menilai lawan Indonesia dalam laga final nanti tidak mudah karena Thailand unggul dalam kualitas. Maka menjadi tuan rumah harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan.
Skuat Garuda hari ini akan mendapatkan lebih dari 30.000 dukungan langsung masyarakat yang hadir di Stadion Pakansari dan jutaan masyarakat Indonesia pecinta sepakbola yang juga akan memberikan semangat, ujar dia dalam keterangannya Rabu (14/12).
Menurut dia, lolosnya Skuat Garuda ke final Piala AFF 2016 cukup mengejutkan karena banyak yang memperkirakan tidak bisa lolos dari fase grup. Apalagi Indonesia sempat kalah 2-4 dari Thailand pada babak penyisihan.
Saya berharap pasukan Alfred Riedl dapat membalas kekalahan di babak penyisihan itu di kandang sendiri dengan tidak kebobolan terlebih dahulu. Kapten Boaz Salossa dkk harus lebih fokus, semangat, percaya diri, bermain lepas dan menutup rapat umpan-umpan pendek pemain Thailand. Walaupun permainan mereka lebih matang, ini bisa dikalahkan dengan semangat pemain yang luar biasa dengan mencetak gol terlebih dahulu, kata Riefky.
Baginya, dengan kualitas pemain saat ini, ia menilai Indonesia mempunyai pemain yang memiliki cukup energi dan skill tinggi yang tidak kalah dari pemain Thailand seperti Boas Salossa, Rizki Pora, Stefano Lilipaly, Andik Firmansyah, Hansamu Yama, dan Lestusen. Laga ini memang menguras stamina, tapi ia harap pemain jangan lengah hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan.
Kita harus yakin Indonesia akan menang dan menjadi juara di Piala AFF 2016. Ini akan menjadi kado buat masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Aceh yang terkena bencana gempa 7 Desember lalu. Skor akhir 2-0 untuk Timnas Garuda, harapnya.

Hendro D Situmorang/CAH
Suara Pembaruan

carhartt-japan.com judi bola online terpercaya Sumber: BeritaSatu