Hasil Piala Afrika 2017: Kamerun vs Gabon 0-0, Tuan Rumah Tersingkir!

Menjadi salah satu unggulan karena memiliki Pierre Emerick Aubameyang, Gabon menutup petualangan mereka di Grup A tanpa kekalahan, tetapi juga tanpa kemenangan. Alhasil, tuan rumah harus puas duduk di peringkat ketiga klasemen, di bawah Burkina Faso sang juara dan Kamerun yang jadi runner-up.
Tiga kali bertanding, tiga kali pula Gabon hanya meraih satu poin. Termasuk dalam laga Senin (23/1) dini hari, ketika mereka hanya bisa menang untuk lolos ke perempat final. Kesadaran untuk meraih tiga angka sebenarnya ada di pihak tuan rumah. Buktinya, dalam lima menit pertama mereka punya dua peluang emas. Pertama, Malick Evouna hanya bisa mengirim bola tepat ke tangkapan kiper Kamerun, Fabrice Ondoa.
Tapi yang paling fatal menimpa Pierre Emerick Aubameyang. Meski sudah mencetak dua gol di turnamen ini, Auba tidak bisa mencetak gol tambahan. Padahal ia punya kesempatan menembak dari jarak dua yard setelah menerima bola Denis Bouanga. Jelas pukulan telak yang merambat ke seluruh tim Gabon.

Kamerun yang cuma membutuhkan satu poin untuk lolos tidak mau banyak bertaruh. Mereka bertahan dan harus meladeni serangan demi serangan Gabon. Namun ketenangan menghilang di kubu tuan rumah, menyusul gol Burkina Faso di pertandingan lain melawan Guinea-Bissau. Otomatis, tuntutan menang semakin tinggi. Sialnya hingga turun minum skor 0-0 masih berlanjut.
Paruh kedua, upaya mencetak gol masih sangat tinggi dari tuan rumah. Tapi, tembakan Sebastien Siani masih tak bisa mengenai sasaran. Dari menit ke menit, peluang Gabin semakin menipis. Oleh karenanya pelatih Jose Antonio Camacho melakukan perubahan radikal dengan masuknya Serge Kevyn menggantikan bek Lloyd Palun agar timnya lebih menyala. Tidak ada gol yang tercipta hingga akhir.
Kesempatan masih tercipta. Denis Bouanga hampir saja menjadi pahlawan di menit terakhir. Tembakannya mengenai tiang gawang Kamerun. Bola muntah disambar Didier NDong, tetapi ada kiper Ondoa yang melakukan penyelamatan penting. Skor 0-0, Gabon terkulai di kandang sendiri, sementara Kamerun kehilangan posisi juara Grup A.

carhartt-japan.com Situs Bola Online dengan bonus deposit 30% Sumber: Sidomi