FIFA Bakal Ganti Adu Penalti Jadi Adu Kiper vs Pemain, Ini Aturannya!

Dalam wawancara dengan Sport Bold, Direktur Umum Pengembangan Teknik FIFA, Marco Van Basten membeberkan berbagai hal baru yang sangat mungkin diperkenalkan. Salah satunya adalah mengganti adu penalti dengan adu kiper vs pemain dalam pola yang berbeda. Bagaimana penjelasannya?
Selama ini, dalam kompetisi yang memasuki babak sistem gugur, ketika laga hingga perpanjangan waktu berakhir imbang, maka akan ada adu penalti. Lima penendang dari masing-masing kubu akan adu untung, menjebol gawang kiper lawan dari jarak 12 langkah. Hal inilah yang bisa saja direvolusi oleh FIFA.
Menurut Van Basten, ada ide untuk mengubah adu penalti ini dengan adu kiper vs pemain. Perbedaannya dengan adu penalti adalah, pemain bisa melakukan dribble dari jarak 25 meter untuk mencetak gol. Entah dengan cara mengecoh kiper, atau kemudian mengakhiri dengan tembakan. Ada waktu selama 8 detik sejak pemain pertama kali menyentuh bola hingga melakukan sentuhan terakhir. Sama seperti adu penalti, setiap tim memiliki lima kesempatan mencetak gol.

Selain itu, aturan offside juga bakal dihapus. Menurut Van Basten, offside membuat sepakbola semakin mirip olahraga handball. Oleh karenanya, ia mencontohkan hoki yang memungkinan seorang penyerang tidak terkena hukuman meski menunggu di belakang barisan pertahanan lawan.
Perubahan lain adalah sistem hukuman. Pemain sepakbola bakal hanya boleh melakukan lima pelanggaran dalam satu pertandingan. Seperti basket, jika kuota pelanggaran sudah penuh, ia harus digantikan. Berkaitan dengan hukuman ini, pelanggaran menyentuh bola dengan tangan secara sengaja tidak akan langsung dikenai kartu merah. Tetapi, hukuman tak boleh berlaga selama lima hingga 10 menit.
Perubahan berikutnya adalah, jumlah maksimum pertandingan dalam semusim. Selama ini, aturan maksimum adalah 80 laga. Aturannya bakal dikurangi jadi 50 laga. Hal ini bakal berpengaruh pada kompetisi, karena tim Liga Spanyol yang lolos ke final Copa del Rey dan final Liga Champions, bakal bertanding hingga 67 kali dalam semusim.

carhartt-japan.com indotogel hongkong Sumber: Sidomi