Dominasi Mutlak Bayern Munchen Bisa Hancurkan Bundesliga

Demikian yang disampaikan oleh bos DFL, Christian Seifert. Ia melihat ada nilai minus dari kekuatan Bayern yang sebentar lagi akan meraih gelar kelima secara beruntun. Pasalnya, tidak ada satupun dari 17 tim lain di Liga Jerman yang bahkan bisa untuk sekadar mendekati level Die Roten.
Awal musim ini, Bundesliga sempat mendapatkan kabar gembira ketika RB Leipzig mampu bersaing dengan Bayern Munchen. Namun ternyata itu hanya seperti nyala kembang api. Memasuki pekan ke-25, tipisnya lapisan skuat Leipzig mulai terlihat. Mereka resmi tertinggal 13 poin dari Bayern. Padahal, Leipzig adalah satu-satunya tim paling dekat dengan sang juara bertahan.
Hal inilah yang dirisaukan oleh Christian Seifert. Bayern Munchen bakal segera membungkus gelar juara Liga Jerman untuk kelima kali beruntun. Mereka seperti membalas dendam atas dominasi sesaat Borussia Dortmund yang pernah terjadi pada musim 2011 dan 2012.
Seifert menuturkan, Jelas, Anda tidak bisa menyalahkan Munchen untuk (dominasi) ini. Tapi jika Bayern kemudian keluar sebagai juara dalam beberapa kali lagi beruntun, hal tersebut bakal tidak baik untuk persepsi dunia terhadap kompetisi di Bundesliga.

Di Inggris, di awal musim, ada lima klub yang menyusun kekuatan untuk jadi juara. Di Italia, ada tiga. Di Spanyol, ada dua. Di Jerman, tidak ada satupun dari 17 klub yang ada, berbicara soal peluang mengejar Bayern; dan hal tersebut harus berubah.
Di sisi lain, perbedaan kekuatan finansial antara klub peserta Bundesliag yang lain dengan Bayern Munchen terlalu jauh. Hal ini bahkan diamini sendiri oleh Karl Heinz Rummenigge, pimpinan Bayern. Menurutnya, saat ini, mustahil untuk memperpendek jurang perbedaan tersebut; yang tercipta justru semakin lebar.
Gunting yang memotong jarak klub kaya dan miskin sudah tidak ada lagi. Sejak aturan Bosman (bahwa pemain bisa meninggalkan klub ketika kontrak habis), perbedaan itu makin melebar. Anda tidak bisa naif, dengan berkata, tidak butuh banyak uang untuk sepakbola. Untuk pemain berkualitas seperti yang ada di skuat kami, Anda harus belanja!

carhartt-japan.com Situs Bola Online dengan bonus deposit 30% Sumber: Sidomi