Ana Brnabic Jadi Calon Perdana Menteri Perempuan Pertama Serbia

detik com Presiden Serbia, Aleksandar Vucic menominasikan Ana Brnabic untuk menjabat sebagai perdana menteri (PM) negara tersebut. Jika resmi, maka selain menjadi PM perempuan pertama di Serbia, Brnabic juga akan menjadi PM lesbian pertama.

Nama Brnabic pertama kali menjadi sorotan media internasional usai ia dilantik menjadi menteri di kabinet Vucic. Pasalnya ia merupakan pejabat pertama di Serbia yang secara terbuka mengklaim sebagai penyuka sesama.

detik com Sebagaimana dikutip dari Independent, Kamis (16/6/2017) walau sudah resmi menjadi nominasi pilihan Vucic, Brnabic masih harus mendapatkan dukungan dari Parlemen Serbian. Pembahasan mengenai penunjukkan Brnabic disebut akan diagendakan parlemen pada pekan depan.

Sang Presiden Serbia menyatakan, penunjukkan perempuan yang saat ini menjabat sebagai menteri administrasi publik dan pemerintah daerah itu sebenarnya sulit. Namun, ia mengklaim bahwa tetap melakukannya demi kepentingan Serbia dan warganya.

Ketika Brnabic ditunjuk sebagai bagian dari kabinet Vucic, banyak kelompok hak asasi manusia di Barat yang memujinya. Mereka menyebutnya sebagai momen bersejarah di Serbia. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *